UKM RESIMEN MAHASISWA UIN MALIKI MALANG GELAR SUSKABINTALNAS X

Kemahasiswaan – Sebanyak 22 orang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) dari 11 perguruan tinggi di tanah air mengikuti kegiatan Kursus Kader Pembinaan mental Nasional (Suskabintalnas) X Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Menwa Satuan 811 “Wira Cakti Yudha” UIN Maliki Malang tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UIN Maliki Malang, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I., di Pusat Pendidikan (Pusdik) Arhanud TNI AD, Batu, Senin (19/9). Turut hadir pada upacara pembukaan tersebut Komandan Pusdik Arhanud Brigjen TNI Edi Setiawan beserta beberapa pejabat Pusdik.
Adapun 11 perguruan tinggi yang mengirimkan delegasinya pada kegiatan yang berlangsung 19—25 September 2022 tersebut di antaranya dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Universitas Hindu Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Unida Gontor, UII Yogyakarta, dan yang paling jauh dari Universitas Pattimura Ambon. Dalam sambutannya, Dr. H. Barnoto menyampaikan pentingnya diselenggarakan kegiatan tersebut.
Suskabintalnas ini bertujuan untuk membangun jiwa kepemimpinan yang bermental nasional dan berwawasan kebangsaan. Selain itu, untuk mencetak para kader pembina mental Menwa yang berkarakter, disiplin, dan punya nilai juang di satuan masing-masing,” ungkapnya. Sempat 2 angkatan diselengarakan secara online saat pandemi Covid-19, Suskabintalnas angkatan X ini sepenuhnya dilaksanakan secara offline, dengan 2 jenis kegiatan indoor (dalam ruangan) dan outdoor (lapangan). Selama kursus peserta mendapatkan fasilitas akomodasi/barak dan konsumsi, dan juga perlengkapan berupa brevet PDL dan PDH, jaket, kaos, dan topi pendidikan, serta cinderamata. Pada akhir kegiatan, peserta yang kebanyakan berasal dari luar Malang tersebut akan diajak untuk pesiar.