UKM LKP2M Gelar Bedah Karya dalam Acara Pekan Kunjungan Perpustakaan Malang

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) menggelar bedah karya di Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada 12 September 2022. Kali ini LKP2M membedah dua karya yaitu jurnal LoroNG yang merupakan hasil riset dari LKP2M dan buku novel yang berjudul “Mengapa Aku Melabuhkan Harapan Padanya”.

Acara ini diisi oleh anggota LKP2M yakni Alvani Misbah Wadih sebagai Kepala Biro Penelitian LKP2M dan Sofia Yuniar sebagai penulis buku novel “Mengapa Aku Melabuhkan Harapan Padanya” serta pengurus devisi Kepenulisan dan Penerbitan LKP2M.

Direktur LKP2M, Ahmad Maulana Sabbaha menjelaskan bahwa acara bedah karya ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan eksistensi UKM LKP2M dalam bidang literasi. “Salah satu cara untuk menunjukkan eksistensi kita adalah dengan menunjukkan karya-karya yang kita punya. Tidak hanya ditunjukkan, tapi juga disampaikan. Supaya karya-karya kita lebih memberikan manfaat,” Uangkapnya

Tak hanya itu, UKM LKP2M juga membagikan hasil karyanya kepada peserta. Di antara karyanya adalah jurnal LoroNG yang merupakan hasil riset dari LKP2M. Sementara itu kepala pusat perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Mufid. M. Hum., menjelaskan terkait acara Pekan Kunjungan Perpustakaan (PKP) ini merupakan acara yang baru dirintis pada tahun ini sebagai upaya untuk meningkatkan literasi mahasiswa.

Kegiatan ini memiliki dampak positif bagi mahasiswa, baik mahasiswa baru yang sedang bersemangat belajar literasi, maupun mahasiswa yang sedang persiapan pengerjaan tugas akhir. Sehingga kegiatan ini memiliki relevansi untuk peningkatan kualitas akademik dan penalaran mereka.

“Pusat Perpustakaan UIN Malang di tahun ini memiliki program baru dalam rangka meningkatkan literasi mahasiswa, yaitu Pekan Kunjungan Perpustakaan (PKP). Banyak runtutan acara dalam PKP ini, di antaranya ada perlombaan-perlombaan, bazar buku, dan juga bedah buku,” ujarnya.

Dalam pelaksanaanya, Pusat Perpustakaan UIN Malang bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Bank Indonesia, Intrans Publishing, UIN Maliki Prrss, termasuk salah satunya dengan UKM LKP2M UIN Malang.