UIN Maliki Malang Gelar Seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an 2022

Kemahasiswaan – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali gelar seleksi Program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an tahun 2022, yang diselenggarakan secara online dan offline di kantor Haiah Tahfidzul Qur’an (HTQ), Senin – Rabu, 6 – 8 Juni 2022.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (AAKK), Dr. H. Barnoto, M.Pd.I., selaku ketua Panitia, mengatakan bahwa Program Beasiswa Tahfidz al-Qur’an ini merupakan program rutin tahunan UIN Maliki Malang. Pada seleksi tahun 2022 ini telah disiapkan kuota sebanyak 150 beasiswa.

“Program ini merupakan salah satu bentuk motivasi dan apresiasi Universitas kepada peserta didik yang berprestasi, dalam hal ini di bidang tahfidz al-Qur’an” terangnya, Senin (6/7/2022).

Barnoto menuturkan, syarat utama untuk mengikuti seleksi ini adalah tercatat sebagai mahasiswa aktif semester genap 2022/2023 dengan modal hafalan al-Qur’an 10 Juz dan IPK minimal 3.00. Namun, dengan catatan bahwa mahasiswa peserta seleksi tidak sedang menerima beasiswa yang lain.

Mereka yang lolos, lanjutnya, akan mendapat beasiswa berupa bantuan dana pendidikan dari kampus. Diharapkan, beasiswa tersebut dapat membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan pendidikannya.

Sementara, salah satu penguji tahfidz al-Qur’an, Ust. Mochammad Nizar Asyrofi, M.Pd. al-hafidz mengatakan, selain persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, peserta seleksi juga akan diuji secara langsung bacaan al-Qur’an dan hafalannya.

“Pertama-tama, kami akan tanyakan berapa juz yang telah dihafal. Lalu kami akan bacakan ayat al-Qur’an secara acak dan peserta akan melanjutkan bacaan ayat-ayat lanjutannya. Komponen inti penilaiannya adalah pada tahfidz dan tajwid.” jelasnya.