Pramuka UIN Maliki Malang Ikut Meriahkan Peringatan HARDIKNAS 2022 di Balai Kota

Kemahasiswaan – Sebanyak 10 Anggota Pramuka UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ikut hadir dalam upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 di halaman depan Balaikota Malang, Jum’at (13/5/2022). Dua di antara personil Pramuka tersebut mengenakan busana daerah Malangan, yakni pakaian Kerajaan Singhasari yang dikenakan oleh Raja Ken Angrok dan Permaisuri Ken Dedes.
Pada upacara yang juga diikuti oleh segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Walikota Malang Drs. H. Sutiaji bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya, Walikota membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim tentang penerapan kurikulum merdeka belajar di sistem pendidikan nasional.
Menurutnya, Kurikulum Merdeka Belajar menjadi tonggak utama dalam upaya penguatan sistem pendidikan Indonesia selama pandemi. Selain itu, Kurikulum yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi itu, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Di momen refleksi Pendidikan tersebut, Walikota juga mengajak semua pihak untuk menjadi pribadi yang lebih baik. “Mudah-mudahan di kesempatan yang berharga ini, kami sampaikan bahwa kita harus berkibar di tengah-tengah kehidupan global. Kita pasti mampu dan bisa, karena kita punya local-wisdom yang luar biasa,” kata Sutiaji menutup pidatonya.
Sementara itu, Wakil Ketua UKK Pramuka UIN Maliki Malang yang turut hadir di acara itu, Kak Fahma, menyampaikan apresiasi kepada Walikota Malang yang selalu melibatkan siswa sekolah dan mahasiswa dalam peringatan Hardiknas di Balaikota. Ia berharap kondisi pasca pandemi segera pulih kembali sehingga mengembalikan kejayaan dan gemerlap Kota Malang sebagai Kota Pendidikan.