Peringatan Hari Bumi 2022 UKM Mapala Tursina Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Kemahasiswaan – Menutup rangkaian kegiatan Hari Bumi 2022, puluhan mahasiswa dari UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Tursina UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara bagi takjil dan buka bersama (24/4/2022). Diawali dengan festival Mural sebagai bentuk edukasi dan kampanye pelestarian lingkungan, acara dilanjutkan dengan pembagian takjil di depan pintu gerbang belakang kampus.

Menjelang waktu berbuka, para aktivis pecinta alam ini selanjutnya melaksanakan acara seremonial penutupan peringatan hari bumi di Aula Pusat Bahasa, Gedung C lantai 3 yang diikuti kurang lebih 30 an peserta anggota UKM Mapala. Pada kesempatan tersebut hadir Kapolsek Lowokwaru, Kompol. Suyoto, SH, MH, mewakili Kapolres Malang Kota yang berhalangan datang.

Kompol. Suyoto mengapresiasi peran UKM Mapala Tursina yang aktif mempelopori gerakan pelestarian lingkungan, di antaranya melalui peringatan Hari Bumi. Menanggapi pertanyaan seorang mahasiswa “Mengapa Malang banjir, padahal  dataran tinggi”, Suyoto menjelaskan bahwa ini sesungguhnya bukan masalah letak geografis, tetapi lebih pada perilaku masyarakatnya.

“Kesadaran masyarakat untuk turut menjaga lingkungan dan bumi ini masih rendah. Masih banyak yang buang sampah sembarangan. Dan masih sedikit sekali yang mau bantu memungut sampah yang tercecer”, jawabnya.

Sementara itu, Ketua Mapala Tursina Gusti Rafi Pangestu dalam sambutannya menegaskan tekad seorang mahasiswa pecinta alam sebagai pelestari lingkungan hidup demi kehidupan penghuninya yang lebih baik. Salah satu agenda rutinnya adalah kegiatan peringatan Hari Bumi setiap 22 April. Selain itu, Mapala Tursina juga aktif membantu mewujudkan agenda besar Universitas menjadi Green Campus.