Pembinaan Mahasiswa Beasiswa Cendekia Baznas di Momen Akhir Ramadhan

Kemahasiswaan – Akhir Ramadhan ini menjadi momen penting bagi mahasiswa penerima beasiswa Baznas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Melalui platform G-Meet diselenggarakan pembinaan rutin ke empat, yang diikuti oleh para peserta secara online di tempat tinggal masing-masing, Rabu (20/04).

Pembinaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di setiap tanggal 20. Namun, kali ini menjadi lebih istimewa karena berada di momen akhir Ramadhan. Hadir sebagai narasumber Ust. M. Nizar Asyrofi, M.Pd., mentor mahasiswa Baznas dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam taushiyahnya, Ust. Nizar menyampaikan tentang seluk beluk puasa dalam perspektif fiqih. Hal ini menurutnya sangat penting agar seorang muslim dapat menjalankan puasa dengan benar sesuai tuntutan syariat.

“Namun fiqih itu adalah jalan, bukan tujuan. Kalau kita ikuti dengan benar jalan yang telah dibangun oleh Nabi dan lalu dilestarikan oleh para ulama, kita pasti akan sampai

pada tujuan, yaitu menjadi lulusan madrasah Ramadhan: Muslim yang bertakwa.” Jelasnya.

Di akhir taushiyah, Ust Nizar berpesan kepada mahasiswa Baznas agar senantiasa berkhidmah sebagai buah ketakwaan. Khidmah adalah satu bentuk kontribusi. Dan Khidmah terbaik itu adalah kepada orangtua. Bapak dan Ibu merupakan orangtua di rumah. Sedangkan di kampus, orangtuanya adalah lembaga Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan ungkapan permohonan maaf lahir batin dari peserta dan narasumber.