Pembinaan Kepeloporan Bagi Mahasiswa : Sinergi Kampus dengan Ormawa

Kemahasiswaan – Sebanyak 150 orang pengurus dan anggota UKK/UKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti kegiatan pembinaan kepeloporan bagi mahasiswa, di Gedung Student and Sport Center, Sabtu (16/4) sore. Acara yang diinisiasi oleh para pengurus UKK/UKM ini dikemas dalam bentuk dialog santai interaktif yang ditutup dengan acara buka bersama.
Pada kegiatan yang bertema kepeloporan mahasiswa itu, hadir Koordinator Bagian Kemahasiswaan, H. Iwan Sugiarto, SE, M.M. Dalam paparannya, H. Iwan menyampaikan bahwa kepeloporan merupakan upaya maksimal dalam mengembangkan potensi diri guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan, serta memberikan solusi. Sebagai contoh, dalam konteks organisasi kemahasiswaan, menurutnya saat ini perlu dilakukan perubahan pola dan budaya organisasi.  
“Saat ini, pola pengelolaan lembaga/organisasi, termasuk organisasi mahasiswa, harus berbasis pada output/output based management. Artinya, penggunaan anggaran untuk setiap program harus mempunyai output yang jelas. Karena itu, setiap UKK/UKM perlu menyusun rencana strategis (renstra) sehingga roda organisasi dijalankan menuju arah dan tujuan yang jelas. Selain itu, hasil yang ingin dicapai juga mesti terukur,” tegasnya.
Pada kesempatan itu, juga dilakukan perkenalan oleh tiap wakil UKK/UKM yang hadir. Tidak hanya itu, pengalaman jenaka berorganisasi serta joke-joke kekinian yang segar turut memeriahkan suasana jelang berbuka tersebut.