Pelantikan Pengurus Ormawa 2022, Rektor UIN Maliki Malang: Kuatkan sikap beragama yang moderat!

Kemahasiswaan – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A., secara resmi melantik Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Tahun 2022 bertempat di Lobby Hall Gedung Rektorat, Kamis (2/6/2022). Prosesi pelantikan berlangsung secara offline selama kurang lebih satu jam dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kepala Biro, serta segenap pengurus Ormawa yang dilantik, yakni Ketua Dema/Sema tingkat Universitas dan Fakultas, dan para Ketua UKM/UKK.

Pelantikan pengurus ormawa diawali dengan pembacaan SK Rektor tentang Pengurus Ormawa Tahun 2022. Dilanjutkan kemudian dengan pengucapan sumpah/ikrar oleh seluruh pengurus baru sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan kewajibannya sebagai pengurus organisasi kemahasiswaan.

Rektor dalam pengarahannya menyampaikan bahwa implikasi ikrar pengurus Ormawa adalah komitmen untuk bekerja sama memajukan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mempunyai misi unggul bereputasi internasional. Selain itu, menurutnya menjadi pengurus Ormawa merupakan prestasi luar biasa bagi mahasiswa.

“Ormawa merupakan kawah candradimuka tempat kalian belajar memimpin, karena ke depan kalian akan menjadi pemimpin bangsa ini.” Tegasnya. Tak lupa Rektor juga berpesan agar mahasiswa UIN, khususnya pengurus Ormawa, tidak ada yang terlibat dalam gerakan-gerakan inkonstitusional dan ekstrimisme. Justru yang harus dilakukan adalah upaya menguatkan sikap beragama yang moderat sebagaimana amanat founding fathers bangsa ini.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H.A. Fatah Yasin, M.Ag. mendorong agar program-program Ormawa bersifat dinamis dan sinergis dengan roadmap pengembangan Universitas, yang saat ini berada pada tahap IV, yakni international reputation and recognition (meraih reputasi dan pengakuan internasional).

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa terpilih yang baru dilantik, Abdul Mujib Ridwan, menyatakan siap untuk membawa kepengurusan Dema yang dipimpinnya berperan aktif memajukan kampus sesuai wewenang yang diemban. Amanat Rektor bahwa pengurus Ormawa harus berprestasi dan memiliki sikap beragama yang moderat akan menjadi standar pokok dalam penyusunan kabinetnya.

“Ini tantangan bagi kami sebagai pengurus Ormawa untuk berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik” Ungkapnya.