Koperasi Padang Bulang Menangi Beberapa Kompetisi Koperasi Mahasiswa

Tim Koperasi Mahasiswa ‘Padang Bulan’ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil meraih juara 1 Lomba Business Plan dan juara 2 Lomba Tiktok dalam Cooperation Championship 2022. Lomba bertema ‘Mengembangkan Potensi dalam Mewujudkan Peran Koperasi yang Inovatif dan Kompetitif’ itu diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Mandiri Politeknik Negeri Lampung secara online mulai tanggal 24 April s.d. 15 Mei 2022.

Pada lomba Business Plan, tim Koperasi Padang Bulan mengusung ide kuliner ‘Rumah Apel’ dengan 3 produk andalannya yakni Sari Buah Apel, Kripik Coklat Apel, dan Croffle Apel. Tim yang digawangi Syahrul Mubin (MPI), Wahadah Atika (PIAUD), dan Ellisa Fadia Laili (Manajemen) ini akan membawa Rumah Apel berkolaborasi dengan beberapa UMKM produsen olahan apel di Kota Batu, di antaranya sari buah apel yang dikelola Toko Brosem dan kripik buah apel yang dikelola Hanina Shop.

Menurut ketua tim, Syahrul Mubin, usahanya ini bertujuan membantu para petani dan UMKM dalam memasarkan produk olahan apelnya.

“Harapannya, Rumah Apel ini dapat membuat semua kalangan masyarakat lebih mencintai buah apel yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan, terutama di kalangan remaja. Selain itu, untuk menjadikan produk olahan apel sebagai camilan favorit yang disukai oleh masyarakat.” Ujarnya.

Sebagai informasi yang membanggakan, tim ini sebelumnya juga berhasil memenangi lomba video kreatif dalam event Gebyar Koprasi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Koperasi Universitas Negeri Semarang (19/04/2022). Video 4 menit berjudul “Pentingnya Channel Digital dalam Pengembangan Usaha” yang ditampailkan menyabet juara 3 dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, peraih juara 2 lomba Tiktok, Nurul Fatimah (Akuntansi), menampilkan video Tiktok berdurasi 1 menit dengan judul ‘Yuk Berwirausaha Melalui Sosmed’. Video tersebut membawa pesan agar kita bisa mengembangkan jiwa inovasi berwirausaha dengan memanfaatkan keunggulan media sosial.

Prestasi yang berhasil diraih oleh tim Koperasi Mahasiswa Padang Bulan ini merupakan langkah penuh optimisme dalam mengembangkan koperasi mahasiswa secara professional dan inovatif.