Kesukarelawan Pesantren Kilat Gencar Malang

Kemahasiswaan – Gencar (Generasi Cahaya Pintar) merupakan penerima beasiswa Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) mengadakan Pesantren kilat Ramadhan 1443 H. Kegiatan yang megusung tema “Ramadhan, Semangat Berbagi, Merawat Negeri” ini miliki tujuan melatih sosialisasi mahasiswa dalam bermasyarakat serta meningkatkan ilmu agama Islam bagi anak-anak. Kegiatan yang dilakukan Lembaga Pendidikan Mambaul Hikmah Karangploso Malang ini deselenggarakan selama empat hari, mulai hari Kamis (14/04) sampai dengan Ahad (17/04).
Peserta kegiatan tersebut adalah anak-anak yatim dan dhuafa setingkat SD dan SMP kurang lebih 45 peserta santunan. Dimana anak-anak perlu mendapatkan ilmu dan bimbingan keagamaan yang memadai agar kelak bisa menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.
“Kegiatan ini awalnya akan diselenggarakan di Kota Malang. Akan tetapi mencari panti asuhan di Kota Malang yang belum tersentuh donatur cukup sulit, maka kegiatan ini di geser ke daerah Kabupaten Malang, tepatnya di Lembaga Pendidikan Mambaul Hikmah Karang Ploso,” tutur Ilyas, ketua panitia acara tersebut.
Mahasiswa semester empat prodi Hukum Keluarga Islam ini menginisiasi agar Gencar Malang memiliki agenda yang bermanfaat di bulan Ramadhan tahun ini.
“Sebagai bagian dari mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari YBM PLN, kami mengiisiasi untuk membantu anak yatim dan dhuafa sekaligus memberikan materi-materi keislaman seperti puasa, baca tulis Alquran, wudlu, shalat, dzikir, serta publik speaking. Seluruh materi diisi oleh para mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mendapatkan beasiswa dari YBM PLN,” terang alumni MAN 2 Kota Madiun ini.
Tidak banyak kendala yang dihadapi, terkecuali akses ke lokasi yang cukup jauh dari kota Malang, sehingga beberapa mahasiswa yang menuju ke acara, sering terlambat atau bahkan tidak bisa datang. Akan tetapi secara umum acara berlangsung sukses dan lancar.
Acara ditutup pada hari Ahad (17/04) oleh koordinator Bagian Kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Iwan Sugiarto. Dalam sambutannya, JFT Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya tersebut mengapresiasi kegiatan mahasiswa ini.
“Kegiatan seperti sangat baik dilaksanakan untuk media belajar dan mengabdi para mahasiswa di masyarakat. Sehingga pendampingan yang dilakukan Bagian Kemahasiwaan menjadi signifikan untuk terus mengawal kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan seperti ini. Semoga kegiatan ini membawa berkah dan mafaat untuk mahasiswa dan anak-anak yang ikut pesantren kilat,” tutup Pak Iwan, panggilan akrabnya.