BIMTEK Penyusunan dan Pelaporan Anggaran bagi Pengurus ORMAWA UIN Maliki Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Kembali menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) untuk pengurus organisasi kemahasiswaaan (ORMAWA) tahun 2022 tanggal 11 s.d. 14 April 2022, bertempat di ruang sidang kemahasiswaan, Gedung sport and Student Center Lantai 1. Bimtek yang diikuti oleh para pengurus UKK dan UKM ini meliputi materi penyusunan anggaran, pelaksanaan anggaran, perpajakan, penyusunan laporan keungan dan penyusunan laporan akademik.

Kegiatan yang akan berlangsung empat hari tersebut dibuka oleh Koordinator Bagian Kemahasiswaan, H. Iwan Sugiarto, S.E., M.M. (11/4/2022). Dalam sambutannya, H. Iwan Sugiarto menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan kegiatan pembinaan rutin Bagian Kemahasiswaan kepada Ormawa, khususnya UKK dan UKM yang pengurusnya mengalami pergantian setiap tahun. Adapun tujuan utamanya adalah agar setiap UKK/UKM dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik, terutama dalam hal penganggaran. Menurutnya, kegiatan yang baik dimulai dari perencanaan anggaran yang matang, kemudian pelaksanaan anggaran sesuai rencana, dan diakhiri dengan penyusunan laporan keuangan yang akuntabel. Karena itu, H. Iwan berpesan agar para pengurus UKK/UKM benar-benar memanfaatkan kegiatan bimtek ini untuk belajar dan berlatih dari para narasumber yang sangat kompeten di bidang ini.

Pada hari pertama, (11/4/2022), kegiatan bimtek dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, dengan 3 sesi penyampaian materi. Hadir sebagai narasumber di antaranya Achmad Zamroni, S.E., perencana muda Bagian Perencanaan dan Dr. Achmad Diny Hidayatullah, Kepala P3SR (Pusat Pengelola dan Pengembangan Sistem Remunerasi). Dalam presentasinya Zamroni memaparkan materi tentang penyusunan dan pelaksanaan anggaran. Dilanjutkan kemudian Dr. Diny Hidayatullah yang memaparkan materi tentang teknis pembuatan TOR dan RAB serta mekanisme ajuan pencairan dana.

Di hari kedua, (12/4/2022), kegiatan dilaksanakan secara offline di ruang sidang kemahasiswaan. Pada sesi tatap muka ini peserta mendapatkan tugas melakukan praktik penyusunan TOR dan LPJ dengan bimbingan langsung oleh para narasumber. Selanjutnya setiap UKK/UKM diberikan tantangan untuk mempresentasikannya di hadapan peserta yang hadir. Di sesi presentasi ini narasumber sekaligus melakukan review atas hasil tugas peserta. Sesuai rencana, kegiatan bimtek akan ditutup pada Kamis (14/4/2022).