Back

Pembinaan Dalam Rangka Persiapan Rekrutmen Anggota Baru UKM

Kemahasiswaan Universitas – Dalam rangka persiapan penerimaan anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tim Kerja Kemahasiswaan melaksanakan rapat pembinaan dan sosialisasi kepada pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang SC Lt 1 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Selasa 1/10/24. Mengawali rapat Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto menyampaikan agar dipersiapkan sebaik mungkin dalam rekrutmen anggota baru UKM. “ Persiapan rekrutmen anggota baru harus betul-betul dimulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan rekrutmen harus santun tidak ada kekerasan”. Beliau juga mengingatkan UKM untuk bisa berprestasi Tingkat Propinsi, Nasional dan Internasional untuk menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas, UKM sudah ada anggaran untuk peningkatan prestasi selain anggaran operasional kegiatan rutin.

Selanjutnya paparan dilanjutkan oleh Dr. H. Romi Faslah selaku ketua Tim Kerja Kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Disampaikan “ dalam rekrutmen anggota baru UKM sesuai dengan peraturan yang berlaku, jangan ada kekerasan buat kegiatan yang humanis dan fun, tidak boleh berkegiatan di Pantai karena faktor keamanan. Untuk serapan anggaran UKM sampai bulan ini masih ada beberapa UKM yang belum menyerap anggarannya sehingga didorong untuk segera diserap apalagi sudah mendekati akhir tahun, juga dijelaskan anggaran delegasi untuk peningkatkan prestasi UKM betul-betul dimaksimalkan dalam rangka menunjang IKU Universitas. Ada tambahan anggaran untuk pelatih UKM selain honorarium bulanan, dengan catatan anggaran  pelatih dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan yang berlaku. Anggaran ini dapat dimanfaatkan pelatih UKM dalam memberikan kepelatihannya kepada UKM dengan membuat kegiatan-kegiatan yang lebih kompeteble sehingga UKM semakin maju dan berprestasi”.

Dalam materi kemahadan khususnya terkait perizinan kegiatan mahasantri disampaikan Mudir Ma’had Kiyai Dr. Izzudin “ berharap ada sinergi dan kerjasama yang baik antara UKM dengan Ma’had, Dimana perizinan kegiatan sudah ada SOP serta dilakukan secara online di Kantor Idaroh Ma’had. Walaupun ada beberapa permasalahan dilapangan terkait perizinan kegiatan diharapkan ada komunikasi yang baik antara pihak Ma’had dengan kemahasiswaan serta pengurus UKM”.

 Dr. Hj. Istiadah, MA ketua PSGA (Pusat Studi Gender dan Anak) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai pemateri terakhir memberikan materi tentang Perguruan Tinggi Nir Kekerasan “ bahwa kekerasan sekarang ini sudah ada dimana-mana. Kekerasan ini bisa berbentuk fisik, kekerasan psikis, perundungan, kekerasan seksual, diskriminasi, intoleransi, kebijakan yang mengandung kekerasan dan bentuk kekerasan lainnya  “. Harapannya di UKM tidak ada kekerasan-kekerasan seperti yang telah beliau sampaikan dan UKM juga menjadi salah satu penggerak gerakan damai.