PW PTK XIV, KONTINGEN UIN MALIKI SIAP AMALKAN BHAKTI PRAMUKA

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengirimkan kontingen untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia XIV di Riau selama delapan hari (3-10/05). Perkemahan nasional yang diselenggarakan dua tahun sekali ini diikuti oleh 1500 pramuka pandega dari 66 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Perguruan Tinggi Keagamaan Non-Muslim, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), dan Pramuka Mahasiswa Luar Negeri.

Tahun ini, kegiatan perkemahan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Pengembangan Eco Culture Tourism”. Dirjen Pendis Kemenag RI, Kamaruddin Amin, menjelaskan dalam sambutan pembukaan bahwa melalui tema ini peserta diharapkan mampu berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat desa sekaligus menggerakkan sektor wisata yang berbasis ekologi dan budaya. Untuk itu, lanjut Amin, selain tinggal di tenda-tenda perkemahan, peserta juga akan tinggal di rumah warga.

“Selama perkemahan, peserta akan melakukan homestay di sejumlah rumah penduduk sebagai tempat bhakti pramuka, tersebar di Desa Alam Panjang, Tambang, Kampar, Desa Aur Sati Kampar, Desa Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru dan Desa Limau Manis, Kampar,” Terang Amin.

Mengikuti kegiatan tersebut, kontingen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah mempersiapkannya sejak jauh hari. Kasubag Kemahasiswaan, Mujtabah, S.E., menjelaskan bahwa bagian kemahasiswaan telah menempa peserta kontingen dengan latihan keterampilan dan fisik secara rutin. Kasubag yang berpangkat pembina pramuka ini juga menginformasikan kepada kontingen bahwa mereka harus siap mengabdi kepada masyarakat sebagai bentuk amal bhakti pramuka.

Perlu diketahui bahwa kontingen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun ini terdiri dari 19 mahasiswa; tiga diantaranya adalah mahasiswa asing yaitu Jin Yu Jia (Zainab) dari China, Omnia Amir dari Sudan, dan Magomed Magomedov dari Rusia. Mereka tampil dengan mengenakan seragam pramuka negara masing-masing. (fhd)