Undang Para Penulis, Presentasikan Karya Ilmiah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang terus aktif berpartisipasi mengembangkan khazanah keilmuan. Terbukti, UKM yang berada di bawah naungan kemahasiswaan tersebut rutin menerbitkan jurnal setiap tahunnya. Terbaru yaitu Jurnal Lorong Edisi 1 Volume IV yang dibedah, Jumat (19/2) lalu.

Bertempat di Ruang Sidang Sport Center (SC) UIN Maliki Malang, acara bedah jurnal dihadiri oleh banyak mahasiswa, baik dalam maupun luar kampus yang tergabung dalam Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI). Menurut Rudi Habibie, Direktur UKM LKP2M periode 2016, “Diterbitkannya jurnal Lorong ini sebagai wadah menyambung tali silaturahmi antar Forum UKM Bersama (FUB) dan sesama anggota UKM, khususnya UKM penelitian se-Malang Raya”.

Untuk itu, sambung Rudi, penulis Jurnal Lorong tidak hanya berasal dari UKM LKP2M saja, namun juga dari luar. Bahkan berdasarkan draf tulisan yang masuk, penulis juga berasal dari Luar Jawa.”Beberapa penulis kami undang untuk mempresentasikan penelitiannya di hadapan audien agar apa yang telah ditulisnya bisa memperkaya khazanah keilmuan,” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga berharap agar mahasiswa dapat belajar bagaimana memandang fenomena yang terjadi di sekitarnya. Sebagai kaum intelektual, penelitian menjadi salah satu bentuk kontribusi riil yang dapat diberikan kepada agama dan bangsanya.

Tema apa yang diambil untuk Jurnal Lorong Edisi 1 Volume IV? Lina Khasanah selaku Kepala Biro Penelitian UKM LKP2M tersebut menerangkan, tema yang diusung dalam edisi ini yaitu “Agama Harmonis: Potret Nirkekerasan dan Strategi Bina Damai”. Tema ini diusung sebagai bentuk keprihatinan maraknya konflik antar umat beragama. “Makanya tema yang diusung  berkaitan dengan cara menciptakan kondisi keberagamaan yang harmonis,” tambah Fiqih salah satu penulis jurnal. Sementara untuk isi jurnal meliputi Artikel Fokus Lorong, Riset Lorong, Riset Lepas Lorong, dan Book Review Lorong. (NFI/ANL)

 

About the author /


Profile photo of tulis

Related Articles

Kantor Pusat

Kemahasiswaan dan Alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144, Gedung Jenderal Besar H.M. Soeharto (SC Lt. 1)

0341 569901

kemahasiswaan@uin-malang.ac.id

Skip to toolbar