Pengadatan Khas Pelantikan Dewan Racana Pramuka UIN Malang

IMG-20160209-WA0012Setelah desember lalu menyelesaikan MUSDEGA (Musyawarah Pandega) ke XXVII, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Malang melanjutkan agenda pelantikan pengurus baru, sabtu (7/2). Pelantikan ini tidak hanya dihadiri oleh organisasi dari dalam kampus saja, melainkan disaksikan juga oleh para delegasi pramuka dari 28 kampus. “Ini adalah pelantikan yang paling ramai dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan ada yang datang dari IAIN Mataram”. Ujar Ahmad Syukron Jazuli selaku ketua UKM Pramuka baru yang baru saja dilantik. Menariknya, pelantikan yang berlangsung dilapangan kampus hijau ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan UKM lain. “Dalam pelantikan ini ada proses Pengadatan untuk ketua, seperti disiram kembang tujuh rupa, makanan khas daerah, Itu semua ada maknanya tersendiri”. Jelasnya.

Prosesi pelantikan berlangsung dengan hidmat. Mahasiswa jurusan matematika semester enam itu didampingi dua orang pemangku adat yang berpakaian putih-putih. Dua orang ini adalah orang yang bertugas untuk mengingatkan anggota dalam hal tata-krama dalam organisasi. Seluruh anggota Pramuka dan pengurus serta tamu undangan berdiri melingkar, turut menyaksikan prosesi penyiraman kembang tujuh rupa tersebut.

Ghufron Hambali M.Hi selaku pembina dalam sambutannya berpesan. “Saya berharap dewan racana baru ini dapat menjaga kekompakan serta menjalankan amanah dari hasil MUSDEGA yang dilaksanakan di Tulungagung kemaren”. Sambutan itu ditutup dengan parikan yang lucu namun bermakna. “Manuk glatik cucu’e biru, bar dilantik ojo turu. Manuk glatik cucu’e abang, bar dilantik ndang tandang”. Maknanya, jangan sampai setelah dilantik para pengurus tidak melaksanakan kegiatan apa-apa, dan hendaknya segera melaksanakan kegiatan dan program yang sudah direncanakan. Tuturnya.

 

About the author /


Profile photo of tulis

Related Articles

Kantor Pusat

Kemahasiswaan dan Alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144, Gedung Jenderal Besar H.M. Soeharto (SC Lt. 1)

0341 569901

kemahasiswaan@uin-malang.ac.id

Skip to toolbar