Suara Akademika- Kursus Kader Pembinaan Mental Nasional ( Suskabintalnas ) kembali  diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa (MENWA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kegiatan Suskabintalnas ke-8 ini resmi dibuka pada Senin 23/09/2019
Acara ini resmi dibuka oleh Komandan Arhanud Kolonel Arh Syaepul Mukti G., S.I.P. Juga dihadiri Wakil Rektor III UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Korem, Babinsa.  Pusat Kesenjataan  Arhanud,Batu menjadi tempat kegiatan Suskabintalnas ke 8 ini. Ada 45 orang peserta yang antusias mengikuti Suskabintalnas ini yang datang  dari berbagai pulau di Indonesia seperti Sulawesi,Kalimantan,Sumatera hingga Jawa.
Pemateri yang hadir tahun ini lebih istimewa dari tahun sebelumnya karena diisi  langsung oleh komandam Bintaldam Bima Brawijaya dan dan wakil Bintaldam, tidak lupa juga alumnus Menwa juga turut serta mengisi materi pada kegiatan Suskabintalnas ini. Tidak hanya materi, acara ini juga memberikan refreshing Outbond kepada peserta.
Dalam acara tahun ini lebih mengedepankan kualitas,  seperti fasilitas istirahat di gedung B, kendaraan menuju Arhanud, fasilitas Barak di Arhanud dan juga mendapatkan fasilitas, kaos,jaket,topi,e book, alat tulis,hingga vandal untuk peserta.
“Tahun ini kami tidak melihat kuantitas yang terpenting kualitas, harapan kami agar Menwa UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang lebih eksis lagi di menwa seluruh Indonesia” Tutur Eky Rilista sebagai Komandan satuan Tugas.
Penutupan Suskabintalnas ini ditutup pada tanggal 29 September 2019 dan akan di tutup oleh Rektor UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof.Dr Abdul Haris .
Suskabintalnas ditutup secara resmi pada tanggal 29 September 2019 oleh Rektor. 

Reporter : Nabila