Maliki Festival 2019 dibuka pada Sabtu, 7 September 2019. Pembukaan Maliki Festival ini bertepatan dengan weekend ini diramaikan oleh ratusan mahasiswa baru. Maliki Festival atau yang lebih dikenal dengan sebutan Maliki Fest adalah acara tahunan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tahun 2019 ini merupakan tahun kedua diadakannya Maliki Fest yang masih termasuk rangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Acara yang akan berlangsung selama satu bulan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kepada mahasiswa baru.

Maliki Fest 2019 dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag di Gedung Sport Center. Gus Is, sapaan akrabnya, menyatakan bahwa keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah maupun non-ilmiah akan mendapatkan poin tambahan untuk Sistem Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM). Kegiatan ini juga bersinergi dengan Ma’had Sunan Ampel Al-Aly dengan ketentuan setiap mabna harus mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba yang akan dilaksanakan selama satu bulan kedepan.

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari perwakilan setiap UKM. Selain itu, perwakilan UKM juga menjelaskan teknis lomba yang akan dilaksanakan selama Maliki Fest berlangsung. Lomba-lomba setiap UKM diadakan pada hari Sabtu dan Minggu dalam bulan September. Lomba yang diadakan juga bermacam-macam, sesuai dengan UKM masing-masing, seperti lomba Pertolongan Pertama dari UKM KSR-PMI, Yel-yel Kreasi dari UKM Pramuka, Mini Drama dari TK2, dan sebagainya. Maliki Fest akan ditutup dengan Malam Puncak Inagurasi sekaligus mengumumkan pemenang dari setiap lomba tersebut pada awal bulan Oktober nanti.(ulul)