UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan sosialisasi anti narkoba pada Senin, 29 April 2019. Kegiatan yang menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang dan Polres Malang Kota ini bertujuan meningkatkan upaya penerapan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Acara ini bertempat di Home Theatre Lt. 3 Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Bertemakan Young Muda Young Style Lawan Narkoba, acara ini diikuti oleh 150 mahasiswa dari berbagai jurusan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Biro AAKK, Drs. H. Achmad Heru Achadi H., M.Si. Heru mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara Polres Malang Kota, BNN Kota Malang dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Heru juga berharap, program-program Komunitas Mahasiswa Anti Narkoba dan Obat-obat Terlarang (Komando) yang dimotori oleh Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bisa ditingkatkan lagi. “Tidak hanya melibatkan mahasiswa Fakultas Psikologi saja, tapi kalau bisa mahasiswa dari seluruh fakultas bisa ikut berpartisipasi.” ujarnya.

Acara ini dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Kasubbag Umum BNN Kota Malang, Yudha Wirawan, SE., MM, Kasatreskoba Polres Malang Kota, AKP Syamsul Hidayat, SH, MH, Kabiro AAKK, Kasubbag. Kemahasiswaan, serta perwakilan dari mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sosialisasi ini, Yudha memaparkan tentang narkotika dan bahayanya di kalangan mahasiswa dalam era milenial. Yudha juga menjelaskan tentang jaringan narkoba yang ada di Indonesia kemungkinan penyebarannya di kalangan mahasiswa. Ditambah penjelasan tentang isi UU No. 35 tahun 2019 tentang Narkotika dalam Aspek Hukum oleh AKP Syamsul Hidayat. Sebelum acara ditutup, sesi dilanjutkan dengan tanya jawab dan pemberian hadiah Buku Saku Penggiat Anti Narkoba untuk para penanya. (ulul)