Jumat, 8 Maret 2019, para ketua dan sekretaris Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kegiatan studi banding ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kegiatan studi banding ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan di lingkungan OMIK serta menjalin silaturrahim dengan UNY dan UGM.

Agenda pertama yakni kunjungan ke UNY. Di UNY, OMIK UIN Malang disambut dengan hangat oleh jajaran Kemahasiswaan UNY. Bertempat di Digital Library lantai 4, acara dibuka oleh Pak Kristiyono, S.H. selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan UNY. Acara dilanjutkan dengan perkenalan Organisasi Mahasiswa UNY oleh Dr., Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd. dari Staff Ahli bidang Seni di Kemahasiswaan UNY. Selanjutnya, para ketua OMIK mengunjungi Student Center untuk saling bertukar informasi dengan ketua dan anggota ORMAWA UNY.

Agenda kedua yaitu kunjungan ke UGM. Di UGM, tepatnya di Gedung Pusat UGM, OMIK UIN Malang disambut oleh segenap pengurus Direktorat Kemahasiswaan UGM. Acara dibuka dengan pembcaan doa dan dilanjut dengan penjelasan singkat tentang UKM di UGM sekaligus dengan kegiatan-kegiatannya. Selanjutnya, acara diisi dengan diskusi mengenai kegiatan UKM dengan ketua Forum Komunikasi (FORKOM) UKM, Eka Bana Ginting. Setelah diskusi umum, para ketua OMIK menuju ke Gelandang untuk memperdalam diskusi dan saling berbagi informasi dengan masing-masing UKM yang ada di UGM.

Menurut Silvia Abdi Pratama, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), kegiatan ini bisa memberi banyak manfaat. “Selain bisa bertukar informasi, kita juga bisa mencari inspirasi unik dan menggali ilmu lebih banyak lagi.” Ucapnya. (Ulul)