Terpilihnya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai tuan rumah PIONIR 2019 merupakan angin segar bagi banyak pihak terutama mahasiswa. Menurut bapak Abdul Azis selaku Kabag Kemahasiswaan, bahwa pada kegiatan PIONIR 2019 kali ini akan ada banyak cabang perlombaan yang siap untuk dipertandingkan. Oleh karena itu mahasiswa supaya dapat mempersiapkan diri dan mengkuti seleksi calon kontingen yang akan dipilih untuk mewakili kampus UIN Malang sesuai bakat dan minat masing-masing.

Pada event yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini, selain mengikuti seleksi calon kontingen mahasiswa juga bisa mendaftarkan diri sebagai volunteer (relawan) yang dibuka oleh kemahasiswaan. Tetapi sebelum itu mahasiswa harus memenuhi persyaratan dan menyelesaikan tahapan-tahapan seleksi yang telah ditentukan kemahasiswaan. Pengumuman mengenai pendaftaran volunteer 2019 akan diumumkan lebih lanjut pada website kemahasiswaan.

Pelaksanaan PIONIR 2019 akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang bersamaan dengan hari libur, sehingga tidak akan mengganggu masa-masa perkuliahan. Dan mahasiswa tidak perlu merasa khawatir jika ingin berkontribusi dalam kegiatan ini baik sebagai peserta maupun sebagai volunteer. Bapak Abdul Azis juga berharap agar mahasiswa bisa memaksimalkan dengan baik kesempatan yang belum tentu datang dua kali ini. (Ponty)